Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Islam Plus Bintang Nusantara

Rochman, Arif (2025) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Islam Plus Bintang Nusantara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Arif Rochman_2101070002_TIPS_2025.pdf] PDF
Arif Rochman_2101070002_TIPS_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lngkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Plus Bintang Nusantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Plus Bintang Nusantara yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat instrumen yaitu uji valliditas dan reliabilitas setelah itu menggunkan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil uji prasarat analisis uji normalitas menunjukan nilai asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,200 > dari 0,05 yang menunjukan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menunjukan nilai sig 0,618 > 0,05 yang berarti data homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (Lingkungan Belajar) terhadap variabel Y (hasil belajar) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisi data regresi linier sederhana dengan hasil nilai sig hitung sebesar 0,00 yaitu < dari 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Plus Bintang Nusantara. Untuk melihat seberapa besar pengaruhnya dapat di lihat di r square sebeasar 0,289 Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Plus Bintang Nusantara sebesar 28,9%. Sedangkan 72,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: lingkungan belajar, hasil belajar, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:28
Last Modified: 19 Aug 2025 08:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item