Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Devishion) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Tegineneng Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng

Putriani, Kiki Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Devishion) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Tegineneng Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SKRIPS_KiKi Dwi Putriani_1901031034_PGMI - Kiki Dwi putriani.pdf] PDF
SKRIPS_KiKi Dwi Putriani_1901031034_PGMI - Kiki Dwi putriani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa masalah kaitanya dengan rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD negeri 10 Tegineneng, dengan hasil pra survey yang telah dilakukan pada pembelajaran IPAS guru cenderung menggunakan metode konvensional, tidak ada interaksi antar siswa dan pembelajaran lebih berfokus pada guru, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan membuat siswa tidak kondusif. Hal tersebut berakibat pada kurangnya hasil belajar siswa, maka dari itu diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuatitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan menggunakan design pretest-posttest with control group dengan menggunakan teknik purspove sampling. Pemilihan teknik purspove sampling dikarenakan pertimbangan tertentu, sehingga peneliti menggunakan 2 kelas. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif soal pilihan ganda dan soal esai dengan jumlah 20 soal yang terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan untuk teknik nalisis data ysng digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji independen sampel t-test dengan menggunakan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode konvensional, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel t-test, didapat nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 80.571 dan pada kelas kontrol yaitu 64.286 sedangkan untuk melihat ada perbedaan yang signifikan atau tidak dapat dilihat pada nilai sig(2-tailed).Pada nilai sig(2-tailed) didapat nilai 0,000 dengan memandingkan nilai sinifikn 0.05 yang artinya 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 20 Aug 2025 23:38
Last Modified: 20 Aug 2025 23:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11706

Actions (login required)

View Item View Item