Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Berbantuan Power Point Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Cimarias

Hamidah, Wulan Husnul (2025) Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Berbantuan Power Point Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Cimarias. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of WULAN HUSNUL HAMIDAH_2101032028_PGMI_2025.pdf] PDF
WULAN HUSNUL HAMIDAH_2101032028_PGMI_2025.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di SD Negeri 2 Cimarias pada kelas IV, berdasarkan permasalahan yang ada dan dilihat dari hasil penelitian Pra-survey bahwasannya hasil belajar siswa rendah khususnya pada mata pelajaran Matematika hal ini dapat dilihat dari tidak tuntasnya nilai ulangan harian di bawah KKM yaitu 77,78% atau dari 7 siswa yang belum tuntas. Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui apakah dapat meningkat hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Powerpoint (PPT).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 siswa, alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam penelitian ini berupa soal presest, soal posstest dan lembar observasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV khususnya pada materi Bangun Datar di SD Negeri 2 Cimarias tahun pemlejaran 2024/2025, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 70,00, serta pada akhir siklus II meningkat menjadi 76,11. Ketuntasan hasil belajar siswa Sebesar 55,56%, dan pada siklus II yaitu sebesar 77,78%.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aktivitas, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 20 Aug 2025 23:39
Last Modified: 20 Aug 2025 23:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item