Rahmawati, Safina Dian (2025) Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Hasil Belajar di MIS Matholiul Fallah Tulang Bawang Barat Safina. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SAFINA DIAN RAHMAWATI _2101031031_PGMI_2025.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Peneltian ini didasari dengan permasalahan pada proses pembelajaran yang dilakukan di MIS Matholiul Fallah diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan metode pembelajaran yang variatif, kreatif dan inovatf sehingga pada hasil proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV ditemukan kesultan dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan tersebut didasari dengan terbatasnya penggunaan metode bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan, yaitu apakah terdapat pengaruh metode story telling pada peningkatan hasil belajar siswa.
Bentuk penelitian kuantitatif yaitu dengan pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh peserta didi kelas IV MIS Matholiul Fallah yang berjumlah 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, kelas Ibnu Rusyd(kelas kontrol) dan kelas Ibnu Sina (kelas eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan sampling jenuh. Pada peneltian ini sampel yang digunakan berjumlah 19 siswa (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data pada peneltian ini berupas tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yakni uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS versi 25.
Hasil penelitian terdapat pengaruh metode story telling terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t yang dilihat dari nilai sig.(2-tailed) pada analisis uji tes paired diverence sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan nilai post- test kelas eksperimen yang menggunakan metode story telling dengan nilai rata- rata yang didapat capaian angka sebesar 79 dan kelas kontrol menghasilkan capaian 71 kelas kontrol.
Kata kunci : Pengaruh Metode Story telling, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 23:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 23:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |