Putra, Dimas Adi (2025) Komunikasi Dakwah Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Pada Era Digital di Desa Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Dimas Adi Putra_2104012001_KPI_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memengaruhi perilaku sosial anak sejak usia dini. Anak-anak mudah terpapar media digital yang jika tanpa bimbingan dapat berdampak negatif. Sementara itu, kesibukan orang tua turut mengurangi perhatian terhadap pembentukan karakter anak. Karena itu, komunikasi dakwah orang tua sangat penting untuk menanamkan nilai agama dan sosial.
Penelitian ini mengangkat pertanyaan tentang bentuk komunikasi dakwah orang tua, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuannya adalah mengetahui bagaimana orang tua membina perilaku sosial anak melalui komunikasi dakwah di era digital, khususnya di Desa Banjarrejo, Kecamatan Batanghari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Data diperoleh dari wawancara lima orang tua dan lima anak, serta observasi dan dokumentasi pendukung lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dakwah orang tua paling dominan dilakukan melalui keteladanan, nasihat, pembiasaan ibadah, dan pendekatan dialogis. Faktor pendukung utamanya adalah kedekatan emosional dan pemahaman agama, sedangkan penghambatnya berupa keterbatasan waktu, pengaruh media digital, dan lingkungan sosial. Komunikasi dakwah terbukti berperan penting dalam membentuk perilaku sosial anak yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 02:05 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 02:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |