Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMAN 02 Tumijajar

Pratama, Nanda (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMAN 02 Tumijajar. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of NANDA PRATAMA_2001011077_PBI_2025.pdf] PDF
NANDA PRATAMA_2001011077_PBI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata peserta didik sehari-hari baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Belajar dalam pendekatan kontekstual tidak hanya sekedar mencatat dan mendengarkan saja melainkan ikut berproses di dalamnya secara langsung. Sehingga diharapkan peserta didik mampu mengembangkan tidak hanya dari aspek kognitif, tetapi juga dari aspek afektif dan psikomotor.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa sebanyak 5 orang yang terdiri dari kelas XI sebagai sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder adalah Kepala SMAN 02 Tumijajar. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar adalah pertama, menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan mata pelajaran yang diajarkan.

Kedua, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi mempelajaran secara kreatif. Ketiga, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan menggunakan tindak refleksi. Keempat, memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri. Faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah kurangnya sarana dan pra sarana pendidikan di sekolah dan kurangnya minat dan motivasi dalam diri siswa. Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dukungan dari orangtua, teman sebaya dan guru serta kondisi Kesehatan siswa dan semangat belajar yang tinggi.

Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Konstekstual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:07
Last Modified: 22 Aug 2025 02:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item