Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan

Wati, Mei Rochma (2025) Pengaruh Strategi Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of MEI ROCHMA WATI_1901011097_PAI_2025.pdf] PDF
MEI ROCHMA WATI_1901011097_PAI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Strategi Active learning atau belajar aktif merupakan cara belajar mengajar yang mengoptimalkan keatifan siswa. Keatifan siswa belajar dibuktikan melalui kesediaan mereka menyampaikan pendapat, atau kemampuan mengungkap kembali hal-hal yang baru saja dipelajarinya.Strategi Active learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam pembelajaran aktif ini baik guru maupun siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran. Pendidik tentunya akan mengamati perkembangan hasil belajar siswa dalam pembelajarannya kemudian dijadikan bahan evaluasi. Hasil Nbelajar yang didapatkan siswa merupakan akibat dari proses belajar yang dilakukan.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh strategi Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS.

Hipotesis penelitian ini adalah “Adakah pengaruh strategiActive Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 180 siswa muslim dengan sampel yang diambil 45 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh strategi Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pekalongan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dapat dilihat nilai rhitung 0,991 dan nilai Sig. 2 tailed 0,000 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut sangat signifikan dan positif. Penelitian ini membuktikan bahwa strategi Active Learning merupakan cara belajar yang menuntut keaktifan dan partisipasi siswa seoptimal mungkin sehingga siswa mampu mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Peran guru yang menjadi fasilitator menjadikan kegiatan pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien dengan strategi yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan.

Kata Kunci: Active Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:50
Last Modified: 22 Aug 2025 02:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item