Rohanah, Rohanah (2025) Analisis Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting,Menempel) Dalam Perkembangan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini di Tk Negeri Pembina Metro Utara. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.
![]() |
PDF
SKRIPSI_2001042007_Rohanah_PIAUD_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah fase pendidikan yang terjadi sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar, yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan anak-anak mulai dari usia 0 hingga 6 tahun. Motorik halus ialah kemampuan anak dalam mengamati sesuatu dan melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu. Gerakan ini membutuhkan otot-otot kecil serta koordinasi yang sangat presisi. Kegiatan 3M adalah salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui aktivitas melipat, menggunting, dan menempel. Dalam setiap aktivitas pembelajaran, peran guru adalah sebagai fasilitator yang mengarahkan anak-anak selama kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kegiatan 3M (mewarnai, menggunting, menempel) dalam perkembangan aspek motorik halus anak usia dini di TK Negeri Pembina Metro Utara.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan 3M (mewarnai, menggunting, menempel) dalam perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Negeri Pembina Metro Utara sudah terlaksana dengan baik dalam langkah-langkah penerapan dimana guru kelas melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup, dan menggunakan cara-cara atau trik untuk menarik perhatian anak agar tetap fokus pada kegiatan 3M. Hasil observasi dan wawancara untuk perkembangan dari 20 anak rata-rata anak sudah mengalami perkembangan sesuai harapan. Perkembangan anak tersebut sesuai dengan konsep teori aspek motorik halus dimana anak mencontoh mengikuti arahan guru dan mulai mencoba melalui pengamatan, dimana hal ini anak mengikuti arahan dan bimbingan dalam melakukan kegiatan 3M yang disampaikan oleh peneliti.
Kata Kunci: Motorik halus, Kegiatan 3M, Pendidikan Anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 12:05 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 12:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |