Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Eksplorasi Metode Pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Qur'an Trimurjo Lampung Tengah

Sari, Novita (2025) Eksplorasi Metode Pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Qur'an Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NOVITA SARI 2101012032_ Nopita Sari_PAI_2025.pdf] PDF
SKRIPSI NOVITA SARI 2101012032_ Nopita Sari_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode pembelajaran AlQur'an yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Qur'an Trimurjo, Lampung Tengah. Fokus utama penelitian adalah mendeskripsikan berbagai metode yang digunakan guru dalam pembelajaran Al-Qur'an serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembentukan dasar pembacaan Al-Qur‟an sejak usia dini, serta kebutuhan akan metode yang variatif dan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama beberapa guru Al-Qur‟an dan beberapa siswa, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Al-Qur‟an Trimurjo menggunakan beberapa metode, antara lain metode Iqra‟ untuk siswa yang masih kesulitan membedakan huruf dan harakat, metode Tahqiq untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam makhraj dan tajwid, serta metode An-Nahdliyah untuk siswa yang sudah lancar membaca. Faktor pendukung penerapan metode ini meliputi dukungan fasilitas sekolah dan motivasi siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan literatur pendidikan Islam, serta menjadi masukan bagi guru dan sekolah dalam mengoptimalkan metode pembelajaran Al-Qur'an di tingkat MI.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Al-Qur’an, Tingkat MI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 12:06
Last Modified: 22 Aug 2025 12:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item