Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Media Kartu Angka Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif (Konsep Bilangan) Anak Usia Dini dI TK Aisyiyah Bustanul Athfal Metro Pusat

Sari, Novica (2025) Implementasi Media Kartu Angka Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif (Konsep Bilangan) Anak Usia Dini dI TK Aisyiyah Bustanul Athfal Metro Pusat. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of NOVICA SARI_1901041009_PIAUD_2025.pdf] PDF
NOVICA SARI_1901041009_PIAUD_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Media kartu angka merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan pada pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Anak usia dini memiliki kemampuan kognitif dalam bidang matematika berupa kemampuan untuk menyebutkan angka, menghitung, mengenal konsep bilangan dan mencocokan angka. Namun pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal masih terdapat anak belum mencapai tahap perkembangan yang seharusnya. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi media kartu angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis data interaktif Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian mengenai implementasi media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Metro Pusat bahwa media kartu angka terbukti mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam pengenalan angka. Anak dilibatkan dalam mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah benda konkret, meskipun awalnya masih banyak yang bingung, namun menunjukkan perkembangan setelah beberapa pertemuan. Kegiatan pengulangan angka 1–10 dengan bantuan lagu dan tepuk angka juga meningkatkan daya ingat dan antusiasme anak. Selain itu, kegiatan menempelkan kartu angka pada jumlah benda yang sesuai serta bimbingan langsung dari guru membantu anak memahami konsep bilangan secara konkret dan simbolik. Secara keseluruhan, media kartu angka efektif mendukung perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal, menyebut, dan mencocokkan bilangan.

Kata Kunci: Kartu Angka, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 12:06
Last Modified: 22 Aug 2025 12:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11749

Actions (login required)

View Item View Item