Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru IPS Dalam Penerapan Nilai Moderasi Beragama Di SMPN 1 Way Jepara Lampung Timur

Ramadhani, Muhammad Qois Alfatih (2025) Peran Guru IPS Dalam Penerapan Nilai Moderasi Beragama Di SMPN 1 Way Jepara Lampung Timur. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD QOIS ALFATIH RAMADHANI_211072006_PAI_2025.pdf] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD QOIS ALFATIH RAMADHANI_211072006_PAI_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik, khususnya di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Moderasi beragama, yang meliputi sikap toleransi, penolakan terhadap kekerasan, keterbukaan terhadap budaya lokal, dan komitmen terhadap kebangsaan, sangat penting untuk ditanamkan sejak dini agar peserta didik mampu hidup rukun dalam keberagaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru IPS dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 1 Way Jepara, Lampung Timur, serta mengetahui metode dan pendekatan yang digunakan guru dalam membangun sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan memperkuat komitmen kebangsaan di kalangan peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru IPS dan peserta didik kelas VIII yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS di SMPN 1 Way Jepara berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan mediator dalam menanamkan nilainilai moderasi beragama. Guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga menyisipkan pesan-pesan toleransi, anti-radikalisme, dan penghargaan terhadap perbedaan melalui metode pembelajaran kontekstual, diskusi interaktif, dan keteladanan sikap. Pembelajaran IPS menjadi ruang yang efektif untuk membangun karakter siswa yang moderat, inklusif, dan berwawasan kebangsaan.

Kata kunci: Peran guru ips,nilai moderasi beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Aug 2025 12:07
Last Modified: 22 Aug 2025 12:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item