Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Metode Bercerita Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Lembaga PAUD Indonesiaku Jadimulyo Lampung Timur)

Sabila, Aulia Arda (2025) Peranan Metode Bercerita Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Lembaga PAUD Indonesiaku Jadimulyo Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AULIA ARDA SABILA_2001041001_PIAUD_2025.pdf] PDF
SKRIPSI_AULIA ARDA SABILA_2001041001_PIAUD_2025.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan kepercayaan diri pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam proses tumbuh kembang mereka, terutama dalam membangun keterampilan sosial dan keberanian untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Pada PAUD Indonesiaku Jadimulyo Lampung Timur, ditemukan bahwa banyak anak yang masih mengalami kendala dalam hal kepercayaan diri. Mereka cenderung menarik diri dari interaksi sosial, sulit mengungkapkan pendapat, serta ragu-ragu dalam mencoba hal-hal baru. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membantu mengembangkan kepercayaan diri anak usia dini adalah metode bercerita. Metode ini memungkinkan anak untuk lebih aktif dalam menyerap nilai-nilai keberanian, kemandirian, dan kemampuan berekspresi melalui ceritacerita yang disampaikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode bercerita dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini di PAUD Indonesiaku Jadimulyo Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau naturalistik karena dilakukan pada kondisi yang alamiah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, mengacu pada model Miles & Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita berperan positif dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini di PAUD Indonesiaku, Jadimulyo, Lampung Timur. Penerapan metode ini dilakukan melalui pemilihan materi cerita yang sesuai dengan tahap perkembangan anak serta penyampaian cerita yang interaktif. Melalui metode bercerita, anak-anak tidak hanya memperoleh pemahaman nilai-nilai moral, tetapi juga diberi ruang untuk berpartisipasi aktif dan berinteraksi secara langsung. Pengelolaan lingkungan belajar, seperti pengaturan ruang dan tempat duduk yang nyaman, serta penggunaan teknik bercerita yang menarik, turut menciptakan suasana yang mendukung bagi pengembangan rasa percaya diri anak. Meskipun sebagian besar anak menunjukkan peningkatan kepercayaan diri yang positif, beberapa di antaranya masih memerlukan motivasi tambahan untuk mengatasi rasa ragu mereka. Secara keseluruhan, metode bercerita terbukti berkontribusi positif dalam pengembangan kepercayaan diri anak usia dini, yang merupakan fondasi penting bagi pertumbuhan sosial dan emosional mereka. Namun, secara keseluruhan, metode bercerita memiliki peran yang positif dalam mengembangkan kepercayaan diri anak usia dini, yang merupakan pondasi penting bagi perkembangan sosial dan emosional mereka.

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:04
Last Modified: 27 Aug 2025 01:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item