Salsabila, Salma (2025) Peran Guru Al Quran Hadis dalam Mengatasi Kesulitan dalam Membaca Al Quran Pada Siswa Kelas VII MTS Al Fatah Sidomakmur Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Salma Salsabila_2101011088_PAI_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Peran guru Al Quran Hadis sangat penting untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al Quran di Madrasah, dan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Al Quran di Madrasah, dan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Al Quran di Madrasah, adapun kesulitan yang dialami siswa sulitnya pengucapan huruf hijaiyah yang sesuai dengan makharijul huruf, sulitnya memahami huruf hijaiyah yang disambung dan hukum panjang suatu huruf, Berkenaan dengan hal tersebut maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui peran guru Al-Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al Quran di MTs Al Fatah. Permasalahan penelitian ini bagaimana peran guru Al Quran hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran pada siswa dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Al-Quran hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al- Quran pada siswa kelas VII MTsAl Fatah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan fenomena lingkungan yang terjadi, adapun pengumpulan datanya dengan primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil Penelitian ini Peran Guru Al Quran Hadis dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al Quran diantaranya sebagai pembimbing guru Al Quran Hadis telah menjadi teladan yang baik bagi siswanya, dilakukan sabar membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al Quran, Sebagai Pelatih, guru Al Quran Hadis telah Melatih dan Mengajarkan materi pembelajaran dengan baik yakni mengenai hukum bacaan tajwid, dan makharijul huruf, mencontohkan cara membaca Al Quran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid, dan berusaha mengelola kelas dengan baik. Sebagai Motivator guru Al Quran Hadis telah menjalankan perannya dengan baik yakni dengan meningkatkan minat siswa dalam membaca Al Quran, seperti menciptakan hubungan yang baik dengan siswa,menciptakan suasana belajar yang nyaman dan selalu memberikan rasa percaya diri kepada siswa.
Kata Kunci:Peran Guru Al Quran Hadis dan kesulitan Membaca Al Quran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |