Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ski Siswa Kelas VIII MTsS Bustanul Ulum Desa Putra Aji 1 Kecamatan Sukadana

Febriyani, Cindy (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ski Siswa Kelas VIII MTsS Bustanul Ulum Desa Putra Aji 1 Kecamatan Sukadana. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Cindy Febriyani_2101012009 _PAI_2025.pdf] PDF
Cindy Febriyani_2101012009 _PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif, maka guru memerlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendukung proses pembelajaran.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Bustanul ulum yang berjumlah 95 siswa, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsS Bustanul Ulum Desa Putra Aji 1 Kecamatan Sukadana?" Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsS Bustanul Ulum Desa Putra Aji 1 Kecamatan Sukadana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, Angket dan Dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, jenis tes yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda dengan jawaban alternatif (a,b,c,d). Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data MTsS Bustanul Ulum. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus uji independent sample test.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 88,91 dibandingkan nilai rata-rata posttest kelompok pembanding/kontrol yaitu 71,72. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sample test menunjukkan bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Artinya model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Bustanul Ulum Desa Putra Aji 1 Kecamatan Sukadana.

Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, SKI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:17
Last Modified: 27 Aug 2025 09:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item