Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Model Konseling Individual dalam Menangani Perilaku Ketidakdisiplinan Pada Siswa di SMK Al-Asror Sekampung

Khaerunisa, Septianti (2025) Model Konseling Individual dalam Menangani Perilaku Ketidakdisiplinan Pada Siswa di SMK Al-Asror Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Septianti Khaerunisa_1904030009_BPI_2025.pdf] PDF
Septianti Khaerunisa_1904030009_BPI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Konseling individual merupakah salah satu proses pemberian bantuan terhadap seseorang secara tatap muka yang dilakukan oleh konselor untuk memberikan bantuan atau pencegahan terhadap suatu masalah yang sedang dialami konseli. Permasalahan perilaku ketidakdisiplinan pada siswa yang ada di SMK Al Asror Sekampung meliputi terlambat datang kesekolah, bolos sekolah, tidak memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model konseling individual dalam menangani perilaku ketidakdisiplinan pada siswa di SMK Al-Asror Sekampung, Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Guru Bimbingan Konseling (BK), siswa yang melakukan pelanggaran disiplin, serta beberapa guru lain yang turut terlibat dalam penanganan kedisiplinan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling individual yang digunakan dalam menangani perilaku ketidakdisiplinan siswa adalah model konseling Behavioral. model ini disesuaikan dengan karakteristik dan latar belakang siswa yang bersangkutan dan menggunakan teknik perjanjian pada siswa serta proses hukuman saat pelanggaran itu terjadi. Pelaksanaan konseling individual juga melibatkan guru wali kelas dan waka kesiswaan sebagai bagian dari tim pendukung disiplin siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ketidakdisiplinan siswa terdiri dari faktor internal seperti kurangnya perhatian orang tua, kelelahan, dan kondisi keluarga, serta faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan penerapan tata tertib. Dengan penerapan model konseling individual yang tepat, siswa dapat diarahkan untuk lebih bertanggung jawab dan menyadari pentingnya kedisiplinan demi masa depan mereka.

Kata Kunci: Konseling Individual, Perilaku, Disiplinan, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:12
Last Modified: 27 Aug 2025 09:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item