Ahmad, Galih Mauladani (2025) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Turnament Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Komponen Kimiawi Penyusun Sel, Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri I Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Galih Mauladani Ahmad_1901081012_TBIOLOGI_2025.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan capaian akademik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap minat belajar dan tes hasil belajar. Indikator minat belajar meliputi perhatian terhadap materi, antusiasme dalam pembelajaran, dan keterlibatan aktif dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata minat belajar dari 81,7 pada Siklus I (kategori sedang) menjadi 87 pada Siklus II (kategori sangat tinggi). Demikian pula, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan signifikan. Pada saat pre-test hanya 8 siswa (30,76%) yang tuntas, sedangkan pada post-test Siklus I meningkat menjadi 17 siswa (65,38%), dan pada post-test Siklus II mencapai 23 siswa (88,46%).
Hasil ini menunjukkan bahwa model TGT efektif meningkatkan minat belajar melalui suasana pembelajaran yang interaktif, kompetitif, dan menyenangkan, serta mampu mendorong siswa untuk lebih memahami materi pelajaran melalui kerja sama tim dan turnamen edukatif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT tidak hanya mampu meningkatkan aspek afektif siswa tetapi juga berdampak positif terhadap pencapaian kognitif mereka.
Kata Kunci: Teams Games Tournaments, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |