Sari, Anifa Yunita (2025) Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMPN 02 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Anifa Yunita Sari_1901011019_PAI_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Siswa di SMPN 02 Metro menunjukkan fenomena meningkatnya minat terhadap game online, permain yang paling sering dimainakn antara lain Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan Roblox. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, banyak siswa yang lebih memilih bermain game online daripada belajar, termasuk belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan dalam pertanyaan “Apakah dampak positif dan dampak negatif game online terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMPN 02 Metro dan apakah ada perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa yang bermain game online dengan siswa yang tidak bermain game online di SMPN 02 Metro?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif dan negatif bermain game online terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMPN 02 Metro, dan untuk mengetahui apakah ada pebedaan antara siswa yang bermain game online dan siswa yang tidak bermian game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMPN 02 Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat dampak positif dan negatif dari bermain game online terhadap motivasi belajar siswa. Dampak positifnya yaitu meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris, karena sebagian besar game menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, game online juga menjadi sarana hiburan yang membantu meredakan kejenuhan, serta memperluas relasi sosial antar pemain melalui fitur komunikasi. Sementara itu, dampak negatif yang ditemukan meliputi pengeluaran biaya yang berlebihan, pola tidur yang tidak teratur, serta penurunan konsentrasi dan motivasi belajar, khususnya dalam memahami materi PAI. Hal ini terlihat dari siswa yang lebih mudah mengantuk saat pelajaran berlangsung, serta lebih memilih menyelesaikan permainan daripada memenuhi kewajiban belajar atau ibadah, serta gangguan Kesehatan mata seperti mata Lelah dan peningkatan resiko rabun jauh (mata minus) akibat terlalu lama menatap layar handphone. Kedua, perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa yang bermain game online dan yang tidak bermain. Siswa yang tidak bermain game online menunjukkan sikap lebih aktif, peduli, dan antusias dalam mengikuti pelajaran PAI. Sementara itu, siswa yang bermain game online memiliki respons yang cenderung acuh tak acuh terhadap kegiatan sekolah dan kegiatan pembelajaran PAI, serta menunjukkan penururan motivasi, karakter, dan nilai-nilai spiritual.
Kata Kunci: Game online, Motivasi Belajar, Dampak Positif dan Negatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |