Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Terbanggi Besar

Astuti, Retno Windy (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Terbanggi Besar. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Retno Windy Astuti_2101071017_TIPS_2025.pdf] PDF
Retno Windy Astuti_2101071017_TIPS_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran serta hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKTP. Hasil belajar siswa yang masih rendah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain siswa yang kurang fokus saat pembelajaran dan siswa cenderung sering mengobrol dengan teman sebangkunya. Solusi alternatif untuk masalah tersebut adalah menggunakan model Problem based learning. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Terbanggi Besar.

Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII G dan VIII H yang berjumlah 64 siswa. Bentuk pengambilan sampel yaitu cluster sampling yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homohenitas), uji hipotesis (uji-t dan uji N-gain).

Berdasarkan hasil penelitian uji N-gain untuk kelas eksperimen menggunakan model PBL adalah sebesar 0,4807 atau 0,4 yang termaksud kedalam kategori sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 0,4260 atau 0,4 juga termaksud dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Terbanggi besar.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:12
Last Modified: 27 Aug 2025 09:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item