Fadlilah, Megah Endah (2025) Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MIM Hadimulyo Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Megah Endah Fadlilah_2101031018_PGMI_2025.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan dasar yang krusial dalam mendukung keberhasilan belajar peserta didik, khususnya pada tahap transisi dari membaca permulaan ke membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman serta mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas IV Sains MIM Hadimulyo Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik yang mengikuti tes membaca pemahaman, dengan instrumen yang disusun berdasarkan indikator aspek-aspek pemahaman membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca pemahaman peserta didik masih rendah, dengan skor rata-rata 64,2, dan 83% di antaranya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Kesulitan utama yang ditemukan mencakup ketidakmampuan dalam menyusun kembali isi bacaan, memahami makna tersurat dan tersirat, mengidentifikasi pokok pikiran, serta mengklasifikasi jenis kalimat. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif, seperti model Know Want Learn (KWL) dan program pembiasaan membaca intensif, guna meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik secara menyeluruh.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Peserta Didik, Aspek Membaca Pemahaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:09 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |