Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Sistem Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur

Mahendra, Akma Ghani (2025) Dampak Sistem Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Akma Ghani Mahendra_2101072001_TIPS_2025.pdf] PDF
Akma Ghani Mahendra_2101072001_TIPS_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak penerapan sistem moving class dalam pembelajaran IPS serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur. Sistem moving class merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa berpindah ruang kelas sesuai dengan mata pelajaran, dengan harapan menciptakan suasana belajar yang lebih variatif, kondusif, dan sesuai karakteristik setiap bidang studi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru IPS, dan siswa, serta observasi langsung di ruang pembelajaran IPS. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem moving class memberikan dampak positif terhadap pembelajaran IPS, antara lain siswa lebih termotivasi saat belajar, siswa lebih aktif dan terlibat saat pelajaran, memudahkan guru dalam menyiapkan pelajaran di kelas. Namun ditemukan dampak negatif seperti keterlambatan siswa, siswa merasa kelelahan akibat jarak antar kelas, serta kurangnya disiplin dan tanggung jawab siswa terhadap ruang belajar. Faktor pendukung pelaksanaan sistem ini mencakup ruang kelas yang sesuai dengan tema pelajaran mendukung proses pembelajaran, mendorong kreativitas guru IPS dalam mengelola kelas. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah jarak ruang yang berjauhan, siswa kurang disiplin terhadap waktu, guru masih kesulitan menanamkan sikap disiplin siswa terhadap tanggung jawab kelas.

Kata Kunci: Moving Class, Pembelajaran IPS, Dampak, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:10
Last Modified: 27 Aug 2025 09:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item