Salsabila, Anisa (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif 01 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Anisa Salsabila_2101071004_TIPS_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini termotivasi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs Ma’arif 01 Punggur. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di Mts Ma’arif 01 Punggur pada tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental. Populasi riset mencakup seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif 01 Punggur yang berjumlah 198 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui clusster sampling, di mana kelas VII C (36 siswa) ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E (35 siswa) sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelasVII MTs Ma’arif 01 Punggur dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai taraf signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan hasil uji N Gain score pada kelas eksperimen yaitu 43,43 termasuk dalam kategori berpengaruh sedang. Nilai rata- rata postest kelas eksperimen = 82,2 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 69,7. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) ini berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:10 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |