Natania, Elvina (2025) Peran Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Kelas III SD Qur’an Salaamul Qur’an Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Elvina Natania_2101011027_PAI_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketercapaian target hafalan Al-Qur‘an yang cukup minim padahal realita nya di SD Qur‘an Saalamul Qur‘an waktu yang dialokasikan untuk mata peajaran tahsin tahfidz cukup banyak dan pengajar nya pun sudah sesuai rasio. Pertanyaan peneitian ini adalah bagaimana peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur‘an pada siswa kelas III SD Qur‘an Salaamul Qur‘an Pekalongan, Lampung Timur. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur‘an pada siswa kelas III SD Qur‘an Salaamul Qur‘an Pekalongan, Lampung Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru tahsin tahfidz kelas III, orang tua siswa, dan koordinator Al-Qur‘an. Teknik penjamin keabsahan data pada penelitian ini adalah dengan trianguasi teknik, sedangkan teknik penjamin analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan strategis dalam memberikan motivasi melalui dorongan verbal, pemberian apresiasi seperti reward setelah tasmi‘, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Sementara itu, orang tua berperan sebagai teladan melalui kebiasaan tilawah harian, sebagai pembimbing yang mendampingi anak dalam murojaah dan memberikan motivasi saat anak jenuh, serta sebagai fasilitator dengan menciptakan lingkungan rumah yang Qur‘ani, seperti memperdengarkan murattal dan menyediakan waktu khusus untuk hafalan. Berbagai kendala seperti kurangnya dukungan lingkungan juga ditemukan, namun diatasi oleh orang tua dengan pendekatan sabar dan konsisten.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur‘an sangat bergantung pada keterlibatan aktif guru dan orang tua. Kolaborasi keduanya mampu menumbuhkan motivasi yang kuat dan berkelanjutan pada diri anak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dan keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung lahirnya generasi penghafal Al-Qur‘an.
Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua, Motivasi, Menghafal Al-Qur‘an, Siswa SD, Tahfidz
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:11 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |