Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia Dini

Salfitri, Enggar (2025) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of Enggar Salfitri_2101042002_2025.pdf] PDF
Enggar Salfitri_2101042002_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Identifikasi permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pra-survey yang ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran sains kurang optimal. Metode pembelajaran ceramah monoton, kurang bervariasi, dan minim pratikum, membuat anak kurang melakukan percobaan secara langsung dan kemampuan yang kurang tergali. Metode pemberian tugas yang digunakan berupa Lembar Kerja Anak (LKA) dan majalah belum mampu mengembangkan aspek kemampuan sains pada aktifitas pembelajaran yang dilaksanakan.

Metodologi dalam penelitian ini mengunakan metode eksperimen, dengan desains yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode eksperimen dan variabel terikat kemampuan sains. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang anak. Teknik berupa pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus Uji -T yang dianalisis menggunakan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata rata pre-tests sebesar 50,60 dan nilai post-tests 66,25. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pre –test 74,69 dan nilai post-test 86,25. Pada penelitian ini nilai thitung (2,657) taraf signifikansi 0,011 dengan melakukan uji dan angka df residual yakni sebesar 40 pada tabel anova kolom df dan baris residual, sehingga didapatkan nilai nilai sebesar ttabel 1,683. Berdasarkan hasil analisis dari tabel diatas di perole nilai thitung (2,657) > ttabel (1,683) dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan metode eksperimen terhadap kemampuan sains pada anak usia dini di TK LKMD Karya Mukti Sekampung. Maka Ho ditolak dan Ha diterima bahwa variabel X berpengaruh untuk melihat seberapa kontribusinya terhadap variabel Y.

Kata Kunci : Kemampuan Sains, Metode Eksperimen, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:51
Last Modified: 01 Sep 2025 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item