Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur

Isnaini, Nur (2025) Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of NUR ISNAINI_2101011070_PAI_2025.pdf] PDF
NUR ISNAINI_2101011070_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur‟an hadits adalah suatu proses yang bertujuan agar peserta didik gemar membaca Al-Qur‟an hadits dengan baik dan benar. Membahas masalah pembelajaran Al-Qur‟an hadits tidak dapat dipisahkan dari konsep- konsep pendidikan yang terdapat pada Al-Qur‟an dan hadits. Guru adalah sebuah profesi yang memerlukan keahlian khusus dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang individu. Tugas utama seorang guru meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Namun pada implementasinya, mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apa Saja Upaya Guru AlQur‟an Hadits dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya Guru Al-Qur‟an Hadits dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data primer wawancara dengan Kepala Madrasah, Guru, dan peserta didik di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan, sedangkan data sekunder berupa sumber tertulis, dokumentasi sebagai data pendukung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan Pengunpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur telah dilakukan secara optimal dan menyeluruh. Guru berperan aktif dalam membentuk kecerdasan emosional siswa, membina kedisiplinan melalui pendekatan humanis, serta memotivasi peserta didik dengan cara yang menyentuh aspek akademik dan kehidupan. Meskipun dihadapkan pada keterbatasan fasilitas, guru tetap berupaya memaksimalkan penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran konvensional, serta menerapkan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, talaqqi, musyafahah, dan diskusi. Keseluruhan strategi ini mencerminkan kesungguhan guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, bermakna, dan sesuai dengan tujuan pendidikan Al-Qur‟an dan Hadits, yaitu membentuk peserta didik yang cerdas secara intelektual, berakhlak mulia, dan memiliki spiritualitas yang kuat.

Kata Kunci: Upaya Guru, Al-Qur’an Hadits, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:53
Last Modified: 01 Sep 2025 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item