Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kedisplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X DI SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur

Murbodjati, Kasad (2025) Pengaruh Kedisplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X DI SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of KASAD MURBODJATI_1801010060_PAI_2025.pdf] PDF
KASAD MURBODJATI_1801010060_PAI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan merupakan keseluruhan skor dari indikator-indikator yang meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap. Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses latihan yang dikembangkan menjadi serangkaian perilaku yang di dalamnya terdapat unsurunsur ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, ketertiban dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mengawas diri. Sedangkan hasil belajar merupakan suatu perubahan yang berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan dan sikap yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses kegiatan belajar guna menjadi pedoman didalam hidupnya.

Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah : “Apakah ada pengaruh antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur tahun pelajaran 2024/ 2025 Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2024/2025.

Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan tehnik analisis data produck moment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 140 peserta didik SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur dan dalam pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling dengan menggunakan aplikasi SPSS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam menghubungkan kedisiplinan siswa dan hasil belajar pada siswa SMA PGRI 2 Marga Tiga Lampung Timur, dapat di kesimpulankan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar ( R= 0,905; P=0,000; P<0,05) Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar. Hubungan tersebut memiliki arah posisif, yang berarti bahwa semakin tinggi skor kedisiplinan maka semakin tinggi skor hasil belajar.

Kata kunci : kedisiplinan siswa, menentukan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 30 Aug 2025 03:50
Last Modified: 30 Aug 2025 03:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item