Jannah, Nisfi Miftahul (2025) Pola Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keagamaan di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Hidayah Imopuro Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Nisfi Miftahul Jannah_1904012018_KPI_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal guru terhadap murid dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan di taman pendidikan al-qur’an. Dalam hal untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan untuk melaksanakan kegiatan belajar, maka dari itu komunikasi guru dengan murid sangatlah dibutuhkan untuk mendisiplikan murid dalam kegiatan belajar di taman pendidikan al-qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder, dengan pemilihan 2 guru, 5 murid dan 2 orang tua murid. Penelitian melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Cara penerapan pola komunikasi guru dengan murid yaitu melalui evaluasi yang dilakukan setiap seminggu sekali pada hari jumat secara tatap muka, guru akan memeriksa seberapa jauh perkembangan murid dalam belajar. Hal ini bermaksud agar diketahui kualitas dan kuantitas dalam meningkatan nilai-nilai keagamaan, Pola komunikasi yang diterapkan oleh guru kepada murid cenderung bersifat personal, hangat, dan terencana, sehingga mampu menciptakan kedekatan emosional yang mendorong murid untuk lebih terbuka dalam menerima materi pembelajaran agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |