Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembinaan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswi MTs Darul A’mal Kota Metro-Lampung

Melianasari, Lelis (2025) Pembinaan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswi MTs Darul A’mal Kota Metro-Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Lelis Melianasari_2001011057_PAI_2025.pdf] PDF
Lelis Melianasari_2001011057_PAI_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembinaan sikap religius peserta didik merupakan aspek fundamental dalam pendidikan karakter, terutama di lembaga pendidikan berbasis Islam. Sikap religius mencerminkan ketaatan terhadap ajaran agama yang terwujud dalam perilaku sehari-hari, seperti melaksanakan ibadah, mencintai Al-Qur‘an, bersikap sopan santun, serta menjauhi perbuatan tercela. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembinaan sikap religius siswi melalui kegiatan ekstrakurikuler Hadroh di MTs Darul A‘mal Kota Metro.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pembina Hadroh dan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Hadroh tidak hanya berperan sebagai sarana pengembangan bakat seni Islami, tetapi juga sebagai media yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan. Melalui latihan yang terstruktur dan dilaksanakan secara rutin, peserta didik dilatih untuk mengembangkan nilai- nilai religius seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, serta cinta kepada Rasulullah SAW melalui lantunan shalawat dan puji-pujian. Pembina Hadroh juga berperan aktif dalam memberikan bimbingan spiritual dan penguatan karakter pada setiap sesi latihan. Kegiatan tampil di berbagai acara keagamaan turut memperkuat pengalaman spiritual dan pemahaman terhadap nilai-nilai Islam. Faktor pendukung dalam pembinaan ini meliputi komitmen guru pembina, dukungan dari pihak sekolah, serta antusiasme peserta didik. Sementara itu, hambatan yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu latihan akibat padatnya jadwal akademik dan kurangnya fasilitas pendukung. Secara keseluruhan, kegiatan ekstrakurikuler Hadroh terbukti menjadi alternatif yang efektif dan kontekstual dalam pembinaan sikap religius peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler berbasis nilai-nilai keislaman perlu terus ditingkatkan untuk membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan kuat secara spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:49
Last Modified: 28 Aug 2025 03:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item