Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas V SD Tahfidzul Qur’an Muhammad Al-Fatih Metro

Ardiyanti, Dita (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas V SD Tahfidzul Qur’an Muhammad Al-Fatih Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Dita Ardiyanti_2101011023_PAI_2025.pdf] PDF
Dita Ardiyanti_2101011023_PAI_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan usaha untuk menjaga, merawat, dan melestarikan keaslian isi Al-Qur’an. Meskipun semua orang memiliki kemampuan untuk menghafal, tidak semua mampu melakukannya dengan lancar dan baik. Hal ini juga dialami oleh peserta didik kelas v SD Tahfodzul Qur’an Muhammad Al-Fatih Metro. Oleh karena itu, diperlukan metode yang efektif agar proses mengafal dapat berjalan dengan deangan lebih baik dan berhasil. Salah satu metode yang diterapkan oleh guru tahfidz di kelas v sekolah tersebut adalah metode ummi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positih dan signifikan dari penggunaan metode ummi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas v SD Tahfidzul Qur’an Muhammad Al-Fatih Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode ummi dalam meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik. Penelitian menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 30 orang, yaitu sebanyak 26 peserta didik. Data yang dikumpulkan melauli angket, tes, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan uji Chi-Kuandrat dan koefisien kontigensi guna mengetahui tingkat pengaruh antara variabel metode ummi dan kemampuan menghafal Al-Qur’an.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS, diperoleh nilai R Square sebesar 0,294 atau sama denagn (29,4%). Ini berarti bahwa metode ummi (X) memberikan kontribusi sebesar 29% terhadap kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an (Y). Selain itu, nilai Chi Kuadrat tabel adalah 36,415, sementara hasil perhitungan menunjukan Chi Kuadrat hitung sebesar 70,083 dengan nilai signifikansi 0,003. Karena nilai Chi Kuadrat hitung lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel dan nilai signifikansi dibawah 0,005, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Sementara itu hasil analisis Koefisien Kontigensi menunjukan angka sebesar 0,931 yang berada dalam rentang 0,80 hingga 1,00, yang menunjukan hubungan yang sangat kuat. Maka dari hasil tersebut metode ummi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas v SD Tahfidzul Qur’an Muhammad Al- Fatih Metro.

Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:49
Last Modified: 28 Aug 2025 03:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11814

Actions (login required)

View Item View Item