Al Asna, Ahmad Yusron (2025) Internalisasi dan Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama di Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AHMAD YUSRON AL ASNA_2171010044_PAI_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan toleransi dalam beragama tidak hanya terhadap umat non-muslim saja, akan tetapi juga sesama agama islam namun berbeda ormasnya, guna untuk menjadikan mereka sebagai generasi para ulama‘-ulama‘ yang memiliki output dari internalisasi sekaligus implementasi pendidikan toleransi umat seagama yang berbeda dalam segi organisasi masyarakat yang di anutnya. beberapa urgensi identifikasi masalah, yaitu 1) Santri Pondok Pesantren al-ihya berasal dari daerah yang cukup variatif mulai dari bahasa suku dan juga budaya dan mayoritas ketika mereka datang ke Pondok Pesantren belum memiliki pemahaman yang mendalam terkait pendidikan toleransi beragama. 2) Santri Pondok Pesantren al-ihya yang sudah dididik cukup lama di pondok pesantren masih condong akan mengikuti semua pengajaran dan amaliyah yang selama ia tempuh didalam pondok pesantren sehingga akan sangat memungkinkan untuk terjadinya berbenturan dengan masalah khilafiyah saat mereka pulang ataupun pergi ke suatu daerah yang jalas notabenya berbeda. 3) Pondok Pesantren al-ihya mengikuti faham Ahlussunah Wal Jamaah An Nahdiyah oleh karena itu saat berada dilingkungan masyarakat pasti akan bertemu dengan aneka ragam organisasi masyarakat yaitu Nahdhatul ̳Ulama dan Muhammadiyah, sehingga mengharuskan santri Pondok Pesantren al-ihya untuk di berikan pemahaman terkait pendidikan toleransi beragama. Sedangkan pertanyaan penelitian yang dijasikan sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana Internalisasi pendidikan toleransi Beragama pada santri di Ponpes Al Ihya,kecamatan Kalirejo, kabupaten Lamteng? 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Toleransi beragama pada santri di Ponpes Al-Ihya‘ kecamatan Kalirejo, kabupaten Lamteng? 3) Apa yang menjadi kendala dalam mengimplementasikan Pendidikan Toleransi beragama pada santri di Ponpes Al-Ihya‘ kecamatan Kalirejo, kabupaten Lamteng?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Sedangkan untuk penarikan beberapa data peneliti menggunakan tahap observasi, dokumentasi, dan yang terakhir wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi toleransi beragama di kalangan santri di pesantren mencerminkan tingkat pemahaman dan arahan yang diberikan oleh para pengajar. Pentingnya saling menghormati walaupun berbeda madzhab yang diyakini, sehingga santri dapat mengalami keberagaman pemahaman berbagai madzhab di bidang fiqih sebagai nilai tambah dalam pembentukan karakter dan spiritualitas mereka. Mengikuti pembelajaran kitab kuning dari rumus yang paling dasar, memahamisertamenjiwaipolapikirparaulama‘ahlifiqihdalampenentuan hukum fiqih, bersikap Knowing Every Particular Object terhadap berbagai perbedaan pendapat fiqih, membiasakan menelaah kitab fiqih dari kelas dasar hingga kelas yang paling kompleks, pengaplikasian isi kitab kuning tentang fiqih dipesantren sampai masyarakat, mengikuti kajian-kajian kitab kuning memberikan dampak pemahaman fiqih para santri yang signifikan, melakukan praktek ibadah dengan perspektif madzhab yang berbeda-beda, dan membiasakan argumentasi tentang perbedaan pendapat dijadikan diskusi dan bukan provokasi merupakan langkah-langkah konkret untuk memastikan implementasi dan internalisasi yang cukup efektif.
Kata Kunci: internalisasi, Implementasi, dan Pendidikan Toleransi Beragama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 10:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 10:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |