Lestari, Sri (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Mengembangkan Sikap Toleransi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SRI LESTARI_2271010076_PAI_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Madrasah menjadi sarana tepat bagi peserta didik untuk menyebarkan sensitivitas pada ragam perbedaan. Membuka ruang diskusi, bahwasanya pendidik memberikan penyampaian informasi yang transformatif dan inovatif mengenai risalah cinta bukan benci dan keunggulan madrasah yang tidak kaku dalam menerima perbedaan menjadikan interaksi komunikasi yang baik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Internaliasi nilai moderasi beragama dalam pengembangan sikap toleransi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur, 2) Kendala yang dihadapi dalam internaliasi nilai moderasi beragama dalam pengembangan sikap toleransi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur, 3) Upaya yang dilakukan MAN 1 Lampung Timur dalam menyelesaikan kendalan internaliasi nilai moderasi beragama beragama dalam pengembangan sikap toleransi.
Metode yang digunakan untuk teknik analisa induktif ini penulis menggunakan dalam pembahasan yang bertitik tolak pada hal-hal yang bersifat khusus kemudian dari pengertian yang bersifat khusus tersebut ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: 1) proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mengembangkan sikap toleransi melalui pembiasan yang dilakukan di madrasah berdampak terhadap sikap toleransi. 2) Kendala yang dihadapi diantara adalah Penyampaian moderasi beragama kepada siswa menggunakan forum-forum bersar tidak efektif, karena siswa tidak fokus dan mengobrol dengan temannya, Penyampaian moderasi beragama kepada siswa lebih ke dogma sehingga kurang menarik minat siswa. Kurangnya diberikan ruang-ruang diskusi baik dengan siswa atau guru sehingga pemabahasan tentang moderasi beragama dalam menciptakan sikap toleransi terbentuk dengan baik dan merata kepada seluruh siswa di madrasah, selain itu perbedaan latar belakang organisasi keagamaan. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendalam internaliasi nilai-nilai moderasi beragama diantaranya adalah penyampaian moderasi beragama kepada siswa menggunakan forum-forum bersar tidak efektif, karena siswa tidak fokus dan mengobrol dengan temannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 10:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 10:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |