Muhlisin, Amru (2025) Pengembangan Modul Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Menengah Islam Terpadu Baitul Muslim Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AMRU MUHLISIN_2371010003_PAI_2025.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui analisis kebutuhan untuk pengembangan Modul Fikih Şalat dan Puasa yang dapat meningkatkan karakter disiplin dan jujur siswa di SMA Islam Terpadu Baitul Muslim Lampung Timur, mengetahui desain Modul Fikih Şalat dan Puasa untuk meningkatkan karakter disiplin dan jujur siswa, serta mengetahui kelayakan Modul Fikih Şalat dan Puasa untuk meningkatkan karakter disiplin dan jujur siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) level satu yang hanya menghasilkan rancangan produk tanpa menguji efektivitasnya secara empiris. Dikarenakan penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar, maka peneliti memilih menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate) oleh Thiagarajan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka (untuk analisis kebutuhan dan desain modul), serta kuesioner validasi ahli (untuk tahap development). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menguji kelayakan modul baik dari aspek materi maupun media berdasarkan skor validasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Membutuhkan sebuah bahan ajar Fikih yang dikemas sesuai dengan kebutuhan siswa dan berorientasi pada peningkatan karakter disiplin dan jujur, sehingga mereka dapat mengimplementasikan materi pembelajaran fikih Şalat dan puasa yang diterimanya ke dalam ibadah dan akhlaknya sehari-hari. (2) Mendesain modul Fikih Şalat dan Puasa untuk meningkatkan karakter disiplin dan jujur didesain menggunakan model 4D dan berfokus pada materi Şalat dan puasa, yang disusun secara kontekstual untuk mendukung internalisasi nilai. (3) Memvalidasi berdasarkan seluruh rangkaian desain, ditemukan hasil penilaian para validator ahli terkait tingkat kelayakan Modul Fikih Şalat dan Puasa. Aspek kelayakan isi memperoleh 86%, kelayakan penyajian 85%, kelayakan bahasa 81%, dan kelayakan kegrafikan 90%. Dengan nilai persentase rata-rata keseluruhan sebesar 85,5%, desain Modul Fikih Şalat dan Puasa ini masuk dalam kategori "Sangat Layak", sehingga dapat digunakan sebagai modul pembelajaran untuk meningkatkan karakter disiplin dan jujur siswa di SMA Islam Terpadu Baitul Muslim Lampung Timur.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Fikih Şalat, Fikih Puasa, Karakter Disiplin, Karakter Jujur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 10:41 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 10:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |