Wahyuningsih, Hana (2025) Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita di TK PGRI 1 Bumiharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
HANA WAHYUNINGSIH_2001040012_PIAUD_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kendala yang di hadapi dalam proses kegiatan belajar mengajar, Berdasarkan data observasi, proses belajar mengajar di TK PGRI 1 Bumiharjo memiliki banyak kendala seperti yang terdapat pada media pembelajaran yang kurang bervariasi. Dampak dari permasalahan tersebut adalah anak kesulitan dalam pengembangan bahasa nya dan masih ada anak yang belum bisa fokus dalam menyimak saat pembelajaran sehingga anak belum bisa menceritakan kembali, belum mampu membaca kata- kata yang sederhana, kurang bisa dalam memahami perintah dan belum bisa menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan guru nya, serta belum mampu menyebutkan bagian-bagian yang ada dibuku cerita. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui media bercerita di TK PGRI 1 Bumiharjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari setiap pelaksanaan siklus dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Dari hasil penelitian yang dilakukan selanjutnya dapat di hitung dengan persentase.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas diketahui dari pengamatan perkembangan anak pada setiap siklus ditandai dengan presentase indikator pencapaian yang meningkat pada pengembangan kemampuan bahasa dengan penilaian aktivitas belajar. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 61,22% sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 87,29% sehingga mengalami peningkatan sebesar 26,07%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK PGRI 1 Bumiharjo. Hasil yang signifikan pada siklus II menunjukkan bahwa kegiatan bercerita tidak hanya menggunakan sebuah APE seperti boneka saja tetapi bisa berkembang juga dengan menggunakan buku bercerita bergambar.
Kata Kunci : Pengembangan Kemampuan Bahasa, Media Bercerita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 10:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 10:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |