Alfitron, Irsyadu Ibad Salam (2025) Penggunaan Aplikasi Enuma Untuk Menunjang proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sang Pencerah Kota Metro. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.
![]() |
PDF
Irsyadu Ibad Salam Alfitron_2101030015_PGMI_2025.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting guna memenuhi kebutuhan pembelajaran abad-21. Sekolah Dasar Muhammadiyah Sang Pencerah Kota Metro menjadi salah satu sekolah yang menggunakan pembelajaran melalui platform aplikasi dan media pembelajaran bernama ENUMA. Aplikasi ini dirancang untuk peserta didik tingkat sekolah dasar dengan fokus pengembangan keterampilan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa terdapat peserta didik yang belum bisa menggunakan aplikasi ENUMA, guru yang belum bisa maksimal mengakses serta menggunakan aplikasi ENUMA. Hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik yang menyebabkan tidak tercapainya hasil belajar, belum maksimalnya tujuan pembelajaran dan adanya potensi penggunaan aplikasi yang yang belum interaktif dan inovatif dalam pembelajaran. Penelitian penggunaan aplikasi Enuma pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sang Pencerah Kota Metro bertujuan untuk mengeksplorasi langkah-langkah dan hasil belajar penggunaan aplikasi Enuma pada proses pembelajaran.
Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dan sumber data diperoleh dari hasil pengumpulan data di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan triangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik keabsahan data menggunakan model Milles and Huberchman dengan empat tahap (pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi data).
Hasil penelitian mengatakan bahwa langkah-langah penggunaan aplikasi ENUMA pada saat pembelajaran dipengaruhi oleh kesiapan guru dalam mengorganisir materi, metode pengajaran dan kesiapan media berbentuk online (aplikasi ENUMA) untuk keberhasilan evaluasi pembelajaran sehingga siswa memahami materi secara maksimal dan menghasilkan hasil belajar yang baik. Aplikasi ENUMA terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa Bahasa Indonesia secara menyeluruh. Melalui fitur interaktifnya, siswa tidak hanya lebih mudah memahami konsep dasar bahasa dan melatih keterampilan motorik halus melalui aktivitas menulis digital, tetapi juga menunjukkan peningkatan minat, rasa percaya diri, dan antusiasme dalam belajar. Hal ini juga menjadi jawaban atas tuntutan transformasi pendidikan di era digital yang menekankan pentingnya inovasi, adaptivitas, dan personalisasi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, penggunaan metode kolaboratif antara digital dan konvesional dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Kata Kunci: Aplikasi Enuma, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 03:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |