Pilihan, Asih Lin Nanam (2025) Membangun Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Budaya Di Sekolah Di RA Khadijah Rejo Asri 3 Seputih Raman Lampung Tengah. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.
![]() |
PDF
ASIH LIN NANAM PILIHAN_2001040032_PIAUD_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan pendidikan yang baik sehingga kedepannya perlu adanya penanaman dan penggalian khusus guna mendorong potensi diri anak didik. Mengingat usia dini hanya dilalui satu kali oleh setiap individu, maka pendidikan yang tepat untuk anak usia dini sangatlah penting. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Sehingga, untuk membentuk karakter anak usia dini yang baik, dibutuhkan Pendidikan karakter yang baik sejak dini termasuk sejak menempuh jenjang Pendidikan di RA. RA merupakan jenjang Pendidikan yang paling krusial, karena disini anak akan pertama kali mendapatakan Pendidikan. Termasuk RA Khadijah Rejo Asri 3, merupakan Lembaga Pendidikan yang perlu memperhatikan Pendidikan karakter bagi peserta didiknya yang masih berusia dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan pihak RA Khadijah Rejo Asri untuk menjamin peserta didiknya agar memiliki karakter yang positif, serta untuk mengetahui bagaimana cara RA Khadijah Rejo Asri menghadapi peserta didik yang memiliki karakter kurang baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan yang bersifat deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber primer yang peneliti pilih adalah guru dan kepala sekolah RA Rejo Asri 3 dan orang tua peserta didik. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya pendidikan karakter di RA Khadijah Rejo Asri diterapkan melalui berbagai kegiatan yang mendukung pembentukan nilai-nilai positif pada anak usia dini. Namun, keterbatasan waktu menjadi kendala bagi RA Khadijah Rejo Asri 3, sehingga tidak bisa maksimal dalam menanamkan pendidikan karakter. Hal ini terlihat bagaimana ada sebagian siswa yang terkadang masih memiliki kebiasaan yang kurang mencerminkan karakter yang baik, seperti ada yang membuang sampah sembarangan, ada yang lupa berdoa sebelum makan, dan ada yang masih suka pilih-pilih dalam berteman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |