Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor Yang Mempengaruhi Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTs Mambaul Ulum Metro

Hamidah, Luluk (2025) Faktor Yang Mempengaruhi Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTs Mambaul Ulum Metro. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of LULUK HAMIDAH_2001011060_PAI_2025.pdf] PDF
LULUK HAMIDAH_2001011060_PAI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mambaul Ulum Metro. Penulis menggunakan Jenis penulisan Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, penulisan ini mengumpulkan data melalui wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, serta analisis dokumentasi terkait proses Pembelajaran Hasil penulisan menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua kategori faktor utama: faktor internal yang berasal dari diri siswa sendiri, dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Faktor internal meliputi kondisi fisik siswa (tingkat kebugaran dan ketahanan tubuh), minat siswa terhadap mata pelajaran SKI, serta motivasi belajar secara umum. Sementara itu, faktor eksternal mencakup tingkat dukungan dan kasih sayang yang diberikan oleh keluarga, efektivitas metode pengajaran yang diterapkan oleh guru di kelas, serta kualitas lingkungan belajar secara keseluruhan di sekolah. Berdasarkan temuan ini, penulisan merekomendasikan beberapa tindakan strategis. guru SKI disarankan untuk menerapkan variasi metode pembelajaran yang lebih menarik dan relevan, serta lebih memperhatikan kondisi fisik dan kebutuhan individual siswa. Selanjutnya pihak sekolah sebaiknya berfokus pada peningkatan fasilitas pembelajaran, pengembangan kompetensi profesional guru SKI, penyediaan program dukungan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, penguatan kemitraan dengan orang tua siswa, evaluasi berkala terhadap efektivitas program pembelajaran SKI, dan penciptaan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan positif. Penulisan ini memaparkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI memerlukan pendekatan komprehensif yang secara simultan mempertimbangkan dan mengatasi baik faktor internal maupun eksternal yang berkontribusi terhadap permasalahan tersebut.

Kata kunci: Faktor yang mempengaruhi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:52
Last Modified: 01 Sep 2025 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item