Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Lampung Tengah

Ma’arif, Samsul (2025) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Lampung Tengah. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SAMSUL MA'ARIF_1801010095_PAI_2025.pdf] PDF
SAMSUL MA'ARIF_1801010095_PAI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Lampung Tengah. Pendidikan memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi individu melalui bimbingan dan pemeliharaan. Dalam Islam, pendidikan didasarkan pada ajaran Al-Qur'an, Hadits, Ijma', dan Qiyas, menyeimbangkan aspek jasmani dan rohani. Proses belajar mengajar adalah inti pendidikan, dan peningkatannya berkorelasi dengan kualitas pendidikan yang lebih baik. Tiga faktor utama yang mempengaruhi kualitas ini adalah guru, siswa, dan kurikulum. Profesionalisme guru, yang mencakup penguasaan materi, metode pengajaran, psikologi siswa, serta kemampuan mengelola kelas, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa dan guru, serta dokumentasi nilai hasil belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MAN 1 Lampung Tengah (1.034 siswa), dengan sampel 12 siswa kelas XI (XI.1 dan XI.9) yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling.

Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua item pertanyaan dalam angket adalah valid (r-hitung > r-tabel 0,4821). Uji reliabilitas juga menunjukkan instrumen bersifat reliabel dengan nilai Cronbach's Alpha 0,895, lebih besar dari 0,60. Uji hipotesis menggunakan uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar oleh guru profesional dan guru yang belum profesional di kelas XI MAN 1 Lampung Tengah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah profesionalisme guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Fiqih siswa di MAN 1 Lampung Tengah.

Kata Kunci: Pendidikan, Profesionalisme dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:53
Last Modified: 01 Sep 2025 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item