Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Penguatan Karakter Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SD N 1 Jojog Kec. Pekalongan Kab. Lampung Timur

Jannah, Annisa Miftahul (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Penguatan Karakter Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SD N 1 Jojog Kec. Pekalongan Kab. Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ANNISA MIFTAHUL JANNAH_2271010047_PAI_2025.pdf] PDF
ANNISA MIFTAHUL JANNAH_2271010047_PAI_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu suatu proses pembelajaran sangat penting mengaitkan atau mengoneksikan antara kurikulum dan metodologi pengajaran dengan pengalaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam penguatan karakter moral siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPTD SD N 1 Jojog. Model ini tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, sehingga dapat menumbuhkan sikap reflektif dan kesadaran moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian di UPTD SDN 1 Jojog menunjukkan bahwa: (a) penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI mampu memudahkan siswa memahami dan mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari. Guru berupaya melibatkan siswa secara aktif sehingga mereka dapat menemukan pengetahuan melalui pengalaman langsung. Meskipun penerapan berjalan baik, hasilnya belum maksimal. (b) Faktor pendukung penerapan meliputi penggunaan Kurikulum Merdeka, hubungan baik antara guru dan siswa, serta kondisi kelas yang relatif kondusif. Namun, terdapat hambatan seperti minat belajar PAI yang rendah, perbedaan kecerdasan siswa, dan sikap sebagian siswa yang kurang faham terhadap materi. (c) Peran guru dalam penguatan karakter moral siswa mencangkup Guru tidak hanya menanamkan pengetahuan, tetapi juga membentuk sikap, perilaku, dan pola pikir siswa agar menjadi Muslim yang beriman, berakhlak mulia, dan mampu menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Penguatan Karakter Moral, Pendidikan Agama Islam,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:16
Last Modified: 02 Sep 2025 04:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item