Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembentukan Karakter Religius Santri Berbasis Hidden Curriculum di Pondok Pesantren Darul A’Mal Kota Metro

Inayah, Sukma (2025) Pembentukan Karakter Religius Santri Berbasis Hidden Curriculum di Pondok Pesantren Darul A’Mal Kota Metro. Masters thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SUKMA INAYAH_2371010015_PAI_2025.pdf] PDF
SUKMA INAYAH_2371010015_PAI_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius santri berbasis hidden curirullum di Pondok Pesantren Darul A‟mal Kota Metro pada kelas Sabrowi, mengetahui peran kyai, ustadzah, dan pengasuh dalam pelaksanaan pembinaan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat keberlangsungan proses tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengkaji pembentukan karakter religius santri berbasis hidden curriculum di Pondok Pesantren Darul A‟mal Kota Metro. Subjek penelitian meliputi kyai, ustadzah, pengasuh, dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan informasi dari berbagai narasumber, serta triangulasi teknik dengan membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius santri berlangsung secara efektif melalui penerapan hidden curriculum. Pembentukan karakter religius santri berbasis hidden curriculum di Pondok Pesantren Darul A‟mal telah dirangkum dalam beberapa bentuk kegiatan seperti shalat berjamaah, dzikir, tadarus Al-Qur‟an, kerja bakti, akhlak sosial seperti sopan santun terhadap guru. Hidden Curriculum dalam hal ini dijalankan secara nyata melalui keteladanan kyai, pembinaan serta pengawasan yang membentuk perilaku dan kepribadian santri tanpa harus melalui instruksi formal. Faktor pendukung dalam proses ini antara lain lingkungan pesantren yang religius. budaya pesantren yang mengakar kuat, dan kerjasama antar elemen pesantren. Sementara itu, hambatan yang dihadapi berupa perbedaan latar belakang santri serta keterbatasan waktu dalam pembinaan individual. Hidden curriculum memiliki peran strategis dalam membentuk karakter religius santri secara holistik dan berkesinambungan.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak adanya penekanan atau pengelolaan kepengurusan yang jelas dalam merencanakan dan melaksanakan tugasnya sehingga menyebabkan pembentukan karakter religius santri masih kurang maksimal.

Kata kunci: Karakter Religius, Hidden Curriculum, Santri, Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:17
Last Modified: 02 Sep 2025 04:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item