Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Materi Bahasa Arab dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Sepuluh di Sekolah MAN 1 Way Kanan

Afriansyah, Afriansyah (2025) Pembelajaran Materi Bahasa Arab dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Sepuluh di Sekolah MAN 1 Way Kanan. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AFRIANSYAH_2371030036_PBA_2025.pdf] PDF
AFRIANSYAH_2371030036_PBA_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga mengembangkan aspek afektif, khususnya kecerdasan emosional siswa. Bahasa Arab sebagai mata pelajaran tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi linguistik, tetapi juga sebagai instrumen pendidikan karakter dan pengelolaan emosi. Dalam konteks pembelajaran abad ke-21, siswa dituntut untuk tidak hanya menguasai bahasa secara struktural, tetapi juga mampu mengaplikasikan bahasa tersebut dalam situasi emosional dan sosial yang nyata. Oleh karena itu, metode Inquiry diterapkan untuk membangun interaksi reflektif, diskusi terbuka, serta eksplorasi perasaan dalam konteks belajar. Pembelajaran ini menekankan pada proses penemuan, bukan sekadar penghafalan, sehingga siswa dapat memahami makna bahasa secara lebih mendalam dan kontekstual. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif, dengan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas sepuluh dan seorang guru Bahasa Arab di MAN 1 Way Kanan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi kegiatan kelas yang mencerminkan penerapan metode Inquiry. Data tersebut kemudian dianalisis dengan pendekatan induktif untuk mengungkap pola dan makna dalam interaksi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan metode Inquiry mencakup berbagai kegiatan seperti mengajukan pertanyaan, diskusi, penulisan jurnal, proyek kelompok, dan penggunaan media kontekstual, yang berkontribusi pada peningkatan kesadaran diri, pengelolaan emosi, empati, dan keterbukaan dalam komunikasi. Hal ini juga didukung oleh kelengkapan pembelajaran seperti media digital, materi tematik, dan peran guru sebagai fasilitator yang efektif. Disarankan agar guru terus mengembangkan dan memperluas penerapan metode Inquiry untuk mencakup keterampilan bahasa dan emosional yang lebih mendalam, serta peneliti selanjutnya dapat mengintegrasikan dimensi lain dari kecerdasan majemuk guna meningkatkan dampak pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:27
Last Modified: 04 Sep 2025 03:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item