Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Metode Eklektik dalam Mengatasi Kurangnya Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa di Pondok Darul Muttaqin Al – Islami Metro

Sajid, Muhammad (2025) Peran Metode Eklektik dalam Mengatasi Kurangnya Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa di Pondok Darul Muttaqin Al – Islami Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of MUHAMMAD SAJID_2371030041_PBA_2025.pdf] PDF
MUHAMMAD SAJID_2371030041_PBA_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Minat para siswa di Ma'had Darul Muttaqin Islamiy Metro untuk belajar bahasa Arab masih rendah, di mana mereka berbicara, bosan, malas, dan lalai selama pelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat mereka dalam belajar, yang pada akhirnya berasal dari ketidakpahaman mereka terhadap materi bahasa Arab.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Pondok Pesantren Darul Muttaqin Metro, menjelaskan bagaimana penerapan metode eklektik dalam meningkatkan minat belajar siswa Pondok Pesantren Darul Muttaqin Metro, dan mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode eklektik dalam meningkatkan minat belajar siswa Pondok Pesantren Darul Muttaqin Metro. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dari dokumen dan sumber-sumber terkait, serta data sekunder yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan siswa dan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik dalam pengajaran bahasa Arab di Sekolah Darul Muti’in Islamiyah Metro memiliki dampak positif terhadap peningkatan minat, partisipasi, dan pemahaman siswa. Metode ini memungkinkan guru untuk menggabungkan beberapa pendekatan seperti metode langsung, terjemahan, tanya jawab, dan diskusi kelompok, serta penggunaan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih hidup, kontekstual, dan menyenangkan. Keberhasilan metode eklektik sangat bergantung pada kompetensi guru dalam memilih strategi yang tepat dan partisipasi aktif dari siswa. Saran untuk guru adalah agar terus mengembangkan kompetensi dan memperluas pengetahuannya tentang berbagai metode pengajaran. Untuk siswa, diharapkan dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar melakukan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:28
Last Modified: 04 Sep 2025 03:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item