Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Adaptasi Berbahasa Arab dalam Penerapan Program Bahasa di MAN 1 Lampung Timur

Widiyanto, Candra (2025) Upaya Adaptasi Berbahasa Arab dalam Penerapan Program Bahasa di MAN 1 Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Candra Widiyanto_2171030011_PBA_2025.pdf] PDF
Candra Widiyanto_2171030011_PBA_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya siswa beradaptasi dalam penggunaan bahasa Arab di lingkungan sekolah. Di MAN 1 Lampung Timur, program bahasa Arab telah menjadi bagian penting dari pendidikan, melalui kegiatan yang berlangsung setiap hari, minggu, bulan, dan tahun. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana siswa menyesuaikan diri dalam berbahasa, baik di kegiatan formal maupun nonformal, serta bagaimana kemampuan bahasa mereka berkembang melalui kegiatan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bentuk, proses, dan hasil adaptasi berbahasa Arab yang dialami siswa. Penelitian ini juga bertujuan menilai efektivitas media, metode, model, dan strategi pembelajaran yang dipakai dalam membiasakan siswa menggunakan bahasa Arab. Selain itu, penelitian ini juga melihat peran fasilitas seperti laboratorium bahasa dan majalah dinding dalam mendukung pembelajaran Bahasa. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan lewat observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi untuk menjamin keakuratan data. Serta alat pengumpulan data meliputi panduan observasi kegiatan, lembar wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi foto dan catatan kegiatan. Peneliti juga membuat panduan triangulasi untuk mencocokkan data dari berbagai sumber, dan menganalisis data secara bertahap untuk mendapatkan gambaran utuh tentang proses adaptasi siswa. Dan sumber data utama adalah siswa kelas X dan XI yang aktif dalam kegiatan bahasa Arab, dua guru bahasa Arab, dan ketua program bahasa. Sampel dipilih secara purposif dengan mempertimbangkan keaktifan mereka dalam kegiatan seperti muhadasah pagi, muhadharah mingguan, dan Arabic Camp tahunan yang mendorong penggunaan bahasa Arab sehari-hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi bahasa siswa berkembang dengan baik karena adanya program bahasa yang rapi dan konsisten. Siswa menunjukkan kemajuan dalam berbicara, mendengar, dan berinteraksi dalam bahasa Arab. Media pembelajaran, metode komunikatif, dan model kolaboratif sangat membantu. Fasilitas seperti laboratorium bahasa juga mempercepat terbentuknya lingkungan berbahasa. Serta peneliti menyarankan agar sekolah terus mengembangkan program bahasa Arab, menambah kegiatan, dan menyesuaikan strategi pembelajaran. Guru juga diharapkan memperbarui metode pembelajaran. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti aspek psikologis dan sosial yang mempengaruhi keberhasilan adaptasi bahasa siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:26
Last Modified: 04 Sep 2025 03:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item