Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kecemasan pada Santri Kelas VII dalam Pembelajaran Imla’ di Pondok Pesantren Modern Insan Mulia Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025

Suhardi, Reza Fachrial (2025) Kecemasan pada Santri Kelas VII dalam Pembelajaran Imla’ di Pondok Pesantren Modern Insan Mulia Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Reza Fachrial Suhardi_2371030043_PBA_2025.pdf] PDF
Reza Fachrial Suhardi_2371030043_PBA_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis tingkat kecemasan, mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk kecemasan, mengidentifikasi serta menganalisis faktor-faktor penyebab kecemasan, dan mengeksplorasi serta menganalisis strategi guru dalam mengatasi kecemasan yang dialami oleh santri kelas VII dalam pembelajaran Imla’ di Pondok Pesantren Modern Insan Mulia Batanghari, Lampung Timur, pada tahun ajaran 2024/2025.

Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain explanatory sequential. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner berdasarkan adaptasi instrumen SLWAI (Second Language Writing Anxiety Inventory), sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seluruh santri kelas VII sebagai sampel kuantitatif, dan empat santri serta satu guru Imla’ sebagai sampel kualitatif, yang dipilih menggunakan teknik total sampling dan purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar santri mengalami tingkat kecemasan dalam kategori sedang hingga tinggi, dengan gejala mencakup aspek somatik, kognitif, dan perilaku (penghindaran). Faktor- faktor penyebab kecemasan diidentifikasi berasal dari aspek internal seperti kurangnya kepercayaan diri dan penguasaan materi, serta aspek eksternal seperti metode penyampaian materi dan tekanan saat evaluasi. Strategi yang diterapkan guru dalam mengatasi kecemasan meliputi pemberian dukungan emosional secara verbal, pendekatan personal dan arahan spesifik, afirmasi positif terhadap hasil kerja santri, pencegahan perilaku mengejek di kelas, serta penyesuaian penanganan berdasarkan sumber kecemasan yang dihadapi.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis bagi guru, santri, dan lembaga pendidikan dalam menciptakan proses pembelajaran Imla’ yang lebih efektif, nyaman, dan mendukung perkembangan psikologis santri secara positif. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan bahasa Arab sebagai bahasa kedua.

Kata kunci: Kecemasan, Pembelajaran Imla’, Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua, Strategi Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 05 Sep 2025 23:58
Last Modified: 05 Sep 2025 23:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item