Saputra, Aka (2025) Pembelajaran Lingkungan Bahasa untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas Sebelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bandar Lampung. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AKA SAPUTRA_2271030099_PBA_2025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas pembelajaran bi'ah lughawiyah (lingkungan bahasa) dalam meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) pada siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam aktivitas berbasis lingkungan bahasa, seperti forum percakapan, diskusi kelompok, dan latihan berbicara informal, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa Arab baik dalam situasi formal maupun nonformal.
Penelitian ini menemukan adanya peningkatan kemampuan penguasaan kosakata dan kelancaran berbicara siswa. Peran guru sebagai fasilitator serta tersedianya sarana pembelajaran seperti ruang bahasa dan media audiovisual terbukti sangat penting dalam membentuk suasana belajar yang mendukung pengembangan keterampilan berbicara. Meskipun terdapat kendala seperti rasa malu dan minimnya dukungan dari komunitas sekolah secara menyeluruh, strategi penerapan lingkungan bahasa tetap menunjukkan dampak positif terhadap keberanian dan kompetensi komunikatif siswa.
Penelitian ini juga mengusulkan sebuah model konseptual baru yang disebut bi'ah lughawiyah multi-hawasiyah al-mudmajah (lingkungan bahasa multisensorik terintegrasi). Model ini menggabungkan pendekatan sosiokultural ala Vygotsky dengan aktivasi berbagai indra siswa melalui integrasi rangsangan visual, auditori, dan kinestetik dalam proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran yang menyertakan berbagai stimulasi inderawi mampu menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, realistis, dan peka terhadap aspek budaya.
Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam peningkatan keterampilan berbicara. Model yang diajukan dapat dijadikan rujukan oleh para pendidik dan praktisi untuk merancang lingkungan belajar yang lebih efektif dalam mengembangkan kompetensi lisan siswa secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 05 Sep 2025 23:59 |
Last Modified: | 05 Sep 2025 23:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |