Setiani, Eva Arum (2025) Literasi dan Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking pada UMKM Desa Banjar Rejo 38B Kec. Batanghari, Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Eva Arum Setiani_2103021015_PBS_2025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi digital telah mendorong sektor perbankan untuk menciptakan layanan yang inovatif dan efisien, salah satunya adalah mobile banking. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus mengunjungi kantor bank. Mobile banking menjadi sebuah inovasi yang penting dalam industri keuangan, memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk menjalankan kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan minat terhadap penggunaan mobile banking pada UMKM Desa Banjar Rejo 38b.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dimana memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat UMKM Desa Banjarejo 38B sebanyak 168 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dimana pada penelitian ini menggunakan Rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 62 UMKM dari keseluruhan pengguna mobile banking pada masyarakat UMKM Desa Banjarejo 38B. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan variabel literasi keuangan memiliki nilai sign 0,424>0,05, sehingga variabel X1 dengan Y tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan mobile banking. Sementara, variabel minat diketahui memiliki nilai sig 0,00 < 0,05, variabel minat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan mobile banking. Secara simultan diketahui nilai sig 0,00 > 0,05 yang berarti variable X1 (literasi keuangan) dan X2 (minat) secara signifikan berpengaruh terhadap variabel Y (mobile banking). Berdasarkan pemaparan dari tabel uji simultan (uji f) mendapatkan nilai F hitung 17,392 > 3,15 F tabel, kemudian melihat dari nilai sig pada tabel anova diperoleh nilai sig 0,00 > 0,05. Disimpulkan literasi keuangan dan minat secara signifikan berpengaruh terhadap mobile banking sebanyak 48,4%, responden memberikan skor 4 yang menunjukkan bahwa minat preferensial variabel minat menjadi faktor utama dalam meningkatkan penggunaan mobile banking. Temuan bahwa indikator minat preferensial paling kuat memengaruhi minat dalam menggunakan layanan. Minat preferensial mencerminkan keinginan kuat dan berulang untuk terus memilih serta menggunakan suatu produk atau layanan. Pengaruh tersebut diperkuat oleh indikator pada variable mobile banking, yakni jaminan kerahasiaan layanan mobile banking dan kepercayaan terhadap bank, yang masing-masing mendapat skor tertinggi sebesar 45,2%.
Kata Kunci : Literasi keuangan, UMKM, Mobile Banking
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Perbankan Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 09:49 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 09:49 |
| URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
![View Item['Plugin/Screen:render_action_img_suffix' not defined] View Item](/style/images/action_view.png)