Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Model-model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Model Baru)

Umar, Umar (2025) Model-model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Model Baru). In: Inovasi Dan Pengembangan Kurikulum PAI (Teori, Model, dan Praktik Implementatif). CV. AMY Publishing, Lampung Timur, pp. 97-143. ISBN 978-634-96298-0-5

[thumbnail of Umar-(Book Chapter)-Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI.pdf] PDF
Umar-(Book Chapter)-Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI.pdf - Other

Download (986kB)

Abstract

Book chapter ini membahas tentang model-model pengembangan kurikulum dan pembelajaran, dengan fokus pada inovasi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Pendidikan dipandang sebagai elemen fundamental dalam pembentukan karakter dan kemampuan generasi muda, dengan kurikulum sebagai kerangka dasar yang mengarahkan proses pembelajaran. Sejarah pengembangan kurikulum menunjukkan evolusi dari model tradisional yang linier seperti Model Tyler dan Model Taba, menuju model kontemporer dan inovatif yang lebih fleksibel, holistik, dan terintegrasi. Model-model inovatif seperti Project-Based Learning (PjBL), Differentiated Instruction, dan Blended Learning ditekankan karena kemampuannya dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 (4C: Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) serta adaptasi terhadap perubahan yang cepat.

Meskipun model inovatif menawarkan banyak manfaat, implementasinya menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan infrastruktur dan teknologi, resistensi dari pihak terkait, kesulitan dalam evaluasi, serta keterbatasan waktu dan beban kerja guru. Solusi yang diusulkan meliputi pelatihan dan pengembangan profesional guru, investasi dalam infrastruktur teknologi, keterlibatan aktif guru dan siswa dalam perencanaan, penggunaan rubrik penilaian yang jelas, serta kolaborasi antar-guru. Dampak penerapan model inovatif sangat signifikan, meliputi peningkatan keterlibatan siswa melalui partisipasi aktif dan pembelajaran yang relevan dengan dunia nyata, peningkatan kualitas pembelajaran melalui pengintegrasian teknologi dan evaluasi yang holistik, serta penyesuaian dengan kebutuhan abad ke-21 melalui fokus pada keterampilan 4C dan relevansi dengan dunia nyata. Selain itu, model inovatif juga mendukung pengembangan karakter dan nilai-nilai positif siswa.

Inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat diperlukan untuk menjawab tantangan pendidikan modern. Pergeseran dari pendekatan tradisional ke model pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik, didukung oleh peningkatan kapasitas guru dan infrastruktur, serta sistem evaluasi yang komprehensif, akan memastikan keberhasilan transformasi sistem pendidikan untuk membentuk karakter dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Item Type: Book Section
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:54
Last Modified: 18 Sep 2025 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item