Mukarromah, Ivatul and Syukron, Buyung and Fatonah, Isti (2020) Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. pp. 93-109. ISSN 2548-5784
|
PDF
Nilai_Nilai_Pendidikan_Multikultural_Dal.pdf - Other Download (186kB) |
Abstract
Dalam tulisan ini bertujuan menghadirkan problematika dan solusi pendidikan dalam wacana pendidikan multikultural yang dianalisa serta dikembangkan melalui pengkajian konsep serta nilai pendidikan multikultural dalam Al-Quran dengan perspektif tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka.
Metode pengkajian mengunakan kajian library riset atau kepustakaan dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan tafsir maudu’i/tematik karna bersinggungan dengan kajian Al-Quran. Hasil penelitian menunjukan pada Qs. Al-Hujurat ayat 11-13 meng-intepretasi akan pendidikan multikultural berupa nilai-nilai pendidikan multikultural yakni: 1)Nilai Perdamaian, 2)Nilai Inklusivisme, 3)Nilai Kearifan, 4)Nilai Toleransi, 5)Nilai Humanisme.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Multikultural, Hamka, Al-Quran
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Aan Gufroni . |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 05:30 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 05:31 |
| URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
![View Item['Plugin/Screen:render_action_img_suffix' not defined] View Item](/style/images/action_view.png)