Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka

Mukarromah, Ivatul and Syukron, Buyung and Fatonah, Isti (2020) Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. pp. 93-109. ISSN 2548-5784

[thumbnail of Nilai_Nilai_Pendidikan_Multikultural_Dal.pdf] PDF
Nilai_Nilai_Pendidikan_Multikultural_Dal.pdf - Other

Download (186kB)

Abstract

Dalam tulisan ini bertujuan menghadirkan problematika dan solusi pendidikan dalam wacana pendidikan multikultural yang dianalisa serta dikembangkan melalui pengkajian konsep serta nilai pendidikan multikultural dalam Al-Quran dengan perspektif tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka.

Metode pengkajian mengunakan kajian library riset atau kepustakaan dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan tafsir maudu’i/tematik karna bersinggungan dengan kajian Al-Quran. Hasil penelitian menunjukan pada Qs. Al-Hujurat ayat 11-13 meng-intepretasi akan pendidikan multikultural berupa nilai-nilai pendidikan multikultural yakni: 1)Nilai Perdamaian, 2)Nilai Inklusivisme, 3)Nilai Kearifan, 4)Nilai Toleransi, 5)Nilai Humanisme.

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Multikultural, Hamka, Al-Quran

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:30
Last Modified: 01 Dec 2025 05:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11977

Actions (login required)

View Item View Item