Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen di ‎Arjuna Cell Iring Mulyo Metro Timur Kota Metro

Arif, Saifi (2019) Pengaruh Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen di ‎Arjuna Cell Iring Mulyo Metro Timur Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SAIFI ARIF 13104264.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterbukaan pasar saat ini mendorng persaingan bisnis semakin ketat, sehingga produsen dan penjual harus inovatif memberikan perbedaan. Penjual dituntut tidak hanya menawarkan produk bermutu tetapi memberi layanan yang baik, dan menawarkannya dengan harga yang kompetitif, sehingga berdampak pada pembeliankonsumen. Arjuna Cell merupakantoko yang menjual beberapa produk seperti, kuota internet, kartu perdana, dan perlengkapan hanpone lainya. Arjuna Cell salah satu toko penjual kuota yang ramai dikunjungi konsumen selain memiliki layananyang baik juga terkenal dengan harga yang relatif murah. Dalam penelitian ini memaparkan tentang besarnya pengaruh variabel X1(pelayanan) dan variabel X2(harga) terhadap variabel Y (keputusan pebelian).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian, berdasarkan indikator masing –masing variabel sumberdata yang diperoleh melalui sumber dataprimer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul selamapenelitian, kemudian diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus statistik regresi linier multiple.

Pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.‎lndt‎ aeaintne‎et iiaoto‎ aeaaiengne‎ iraD‎regresi linear berganda dan diperoleh persamaan model regresiY=α+b1X1+b2X2. Konstanta ‎9,304‎‎menggambarkan besarnya keputusan pembelian jika tidak dipengaruhi harga dan pelayanan. Koefisien regresi harga b1sebesar ‎0,34‎‎menggambarkan besarnya peningkatan keputusan pembelian, jika disertai variabel harga, sedangkan koefisien regresi b2sebesar ‎0,328‎menggambarkan besarnya peningkatan keputusan pembelian jika disertai pelayanan. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui harga Fhitungsebesar ‎12,774‎. Hasil tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga Ftabel, pada dk pembilang = 2, dan dk penyebut = n –2, atau 43-2 = 41. Harga Ftabeluntuk besaran 2,41 untuk taraf signifikansi 5% sebesar 3,02. Dengan demikian harga Fhitunguntuk persamaan regresi multiple Y= 9,304‎+ ‎‎0,34‎‎X1+ ‎0,328‎X2 lebih besar dari harga Ftabel, (‎12,774‎> 3,02) sehingga harga, dan pelayanan secara simultan ‎berpengaruh signfikan tehadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Pelayanan dan Harga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 00:38
Last Modified: 21 Jan 2020 00:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item