Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Purwodadi Lampung Tengah

Amalia, Resti (2018) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Purwodadi Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RESTI AMALIA NPM. 14120535.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dikelas V SDN 1 Purwodadi terlihat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran seperti malas untuk bertanya mengenai mata pelajaran yang belum dipahami dan masih banyak yang tidak menjawab pertanyaan dariguru. Selain itu model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Data tersebut diperoleh dari hasil ulangan tengah semester mata pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2018/2019 yang menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hal tersebut maka dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsawdalam mengajar diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Purwodadi Lampung Tengah.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1 Purwodadi dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsawpada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Purwodadi.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Purwodadi yang berjumlah 18 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati kegiatan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi.Dalam penelitian ini teknik analiasis data berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Jigsawadalah ketuntasan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran sebesar 55,56% pada siklus I dan 88,89% pada siklus II atau meningkat sebanyak 33,33%. Dengan adanya peningkatan sebanyak 33,33% dari siklus I ke siklus II hal ini menjadi bukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawmampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Purwodadi Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:35
Last Modified: 28 Jan 2020 07:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item