Peningkatan Penguasaan Kosa Kata dengan Penerapan Metode Demonstrasi (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro Tp.2018/2019)

Amanah, Siti (2019) Peningkatan Penguasaan Kosa Kata dengan Penerapan Metode Demonstrasi (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro Tp.2018/2019). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI AMANAH_13101062.pdf - Other

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kosakata merupakan materi bahasa untuk memberi bekal kepada siswa keterampilan berbahasa, seperti mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Kosakata merupakan bekal awal bagi seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana interaksi diberbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang menuntut siswa memiliki kemampuan kosakata untuk memahami isi buku, menganalisisnya, dan memperoleh pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling layak untuk diperhatikan guru agar dimiliki siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode demonstrasiuntuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Apakah penerapan metode demonstrasi bisa meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro TP.2018/2019?”. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.

Adapun hasil penelitian yaitu: Penguasaan kosakata bahasa Arab meningkat melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2018/2019, dimana nilai hasil tes siswa meningkat dari pos-test 1 ke pos-test 2. Hal itu karena nilai tes di akhirsiklus 1 sebesar 2326 dan di akhir siklus 2 sebesar 2694.

Pemahaman kaidah bahasa Arab meningkat dari siklus 1 ke siklus 2, dimana nilai tes pemahaman kaidah yang tuntas di akhir siklus 1 sebanyak 73,3%, dan diakhir siklus 2 sebesar 93,33%. Hal ini menegaskan peningkatan ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan selisih 20%. Oleh karena itu, hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: “Penguasaan kosakata bahasa Arab meningkat melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2018/2019” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:07
Last Modified: 30 Jan 2020 07:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item