Optimalisasi Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Safitri, Aulia (2018) Optimalisasi Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AULIA SAFITRI 13102440P.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dengan cara menjalankan sebuah bisnis yang memenuhi harapan etis dan legal, yang ditetapkan oleh pemerintah dan berlaku di masyarakat. Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini lebih menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kepentingan pihak-pihak secara lebih luas (stakeholders) dari pada hanya sekedar mementingkan kepentingan perusahaan sendiri. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana optimalisasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Perusahaan Bumi Waras (BW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Perusahaan Bumi Waras (BW) Labuhan Ratu Way Jepara Lampung Timur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk menambah khasanah keilmuan tentang optimalisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) sehingga sesuai dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Dan bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Perusahaan Bumi Waras (BW) Labuhan Ratu Way Jepara Lampung Timur, dilakukan dalam beberapa bentuk, meliputi bantuan sosial, penanganan limbah dan pelestarian air bersih. Sasaran Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Perusahaan Bumi Waras (BW), yaitu kalangan internal perusahaan, dan eksternal perusahaan. Akan tetapi perusahaan Bumi Waras (BW) pengoptimalisasian nya belum sesuai dengan harapan masyarakat sekitar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yang menginginkan pemberdayaan masyarakat dalam jangka panjang dan belum terlihat dari capaian program di lapangan. Realisasi CSR lebih banyak berupa bantuan tunai kepada masyarakat, bukan program kemitraan ekonomi dengan mengutamakan perekrutan karyawan dari lingkungan sekitar, atau kerja sama dalam bentuk bagi hasil dengan perusahaan, dan modal dari perusahaan. Pemberian CSR memanfaatkan momentum hari raya, dan pengajuan proposal dari masyarakat, sehingga perusahaan terlihat kurang proaktif dalam menjaring informasi tentang kebutuhan masyarakat yang perlu di bantu dengan program CSR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:06
Last Modified: 03 Feb 2020 09:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item